Minggu, 03 Februari 2013

PENDIDIKAN DI INDONESIA


Kini, pendidikan karakter memang menjadi isu utama pendidikan. Mengapa? Indonesia agar bisa mewujudkan mimpinya menjadi negara maju seperti halnya Jepang, membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah banyak dan mutu yang memadai. Maka untuk memenuhinya, peran pendidikan disini sangat penting. Hal ini sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang
menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa. Berdasarkan fungsi tersebut, maka perlu dibentuk suatu sistem pendidikan yang sistematis, bersungguh-sungguh dalam berusaha, dan berkelanjutan, sehingga hasil keluarannya bisa bersaing di dunia kerja. Selain itu, berdasarkan penelitian di Harvard University (Ali Ibrahim Akbar, 2000), kesuksesan tidak semata-mata ditentukan oleh hard skill nya, tetapi lebih ke soft skill nya. Dimana secara persentase, 80 persen keberhasilan seseorang ditentuka oleh EQ, sedangkan 20 lainnya oleh IQ. Hal ini dibuktikan oleh penelitian di Amerika bahwa 90 persen kasus pemecatan disebabkan oleh perilaku buruk individu itu sendiri.Lalu bagaimana dengan Indonesia? Secara pskologis, terjadi penurunan kualitas usia psikologis. Dimana penurunan yang dimaksudkan yaitu, dengan usia 21 tahun, sifat dan perilaku seseorang seakan menyerupai umur 12 tahunan. Hal ini bisa disebabkan oleh tidak diajarkannya persaingan di dalam dunia kerja pada pendidikan nasional. Survey pun membuktikan, rata-rata sekitar 5-7 tahun seseorang perlu beradaptasi dalam dunia kerja, dan selama tahun tersebut, ia akan pindah kerja 3-5 kali. Bagi mereka, inilah yang disebut proses. Namun menurut saya, proses yang benar adalah ketika kita mengenyam pendidikan di sekolah, sehingga ketika dihadapkan di dunia kerja, kita dapat melewati hambatan yang menghadang, atau bahkan tidak mengalami hambatan itu. Harusnya, pendidikan karakter termasuk dalam materi yang harus diajarkan dan dikuasai serta direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun kenyataannya, pendidikan karakter selama ini baru pada tingkatan pengenalan norma atau nilai, dan belum pada tahap realisasi. Bangsa Indonesia harus segera membenahi sistem pendidikan mengenai pendidikan karakter, jika cita-cita dan tujuan bangsa ingin tercapa

KEPALA SEKOLAH